Mengenal Lebih Dekat Mahasiswa Arsitektur ITB Angkatan 2006 : Andhang R. Trihamdani

Lahir di Pare-Pare pada bulan Juli 1988, Andhang Rakhmat Trihamdani sudah menunjukkan ketertarikannya pada dunia seni visual dan rancang bangun semenjak kecil. Ia dibesarkan di keluarga yang memiliki ketertarikan  pada seni dimana sang Kakek adalah seorang arsitek.

Pendidikan Arsitektur di ITB

Setelah menamatkan sekolah menengah di SMA Negeri 78, Jakarta, ia meneruskan  studinya ke Jurusan Arsitektur ITB Bandung. Menempuh pendidikan di jurusan ini, ia berkesempatan berinteraksi dengan pengajar-pengajar hebat, arsitek, dan rekan mahasiswa terbaik yang memiliki segudang ide-ide besar yang menjadi inspirasinya dalam berkegiatan. Selain itu ia ditanamkan idealisme dan cara berpikir seorang arsitek yang ia yakini harus diterapkan di dunia nyata (dunia kerja) untuk kemajuan bangsa Indonesia kelak.

Studio Perancangan Arsitektur menjadi mata kuliah favoritnya di setiap semester perkuliahan karena ia sangat menikmati perjalanan sebuah desain yang semula berasal dari imaginasi yang abstrak menjadi sebuah rancangan bangunan yang rasional. Baginya, proses adalah segala-galanya, mungkin dapat melebihi hasil akhir. Karena itulah ia berturut-turut mendapat nilai A di setiap studio perancangan yang ia ikuti dan menjadi salah satu perwakilan ITB pada studio kolaboratif di Surabaya dan mAAN International workshop di Padang.

Kegiatan dan Organisasi

Andhang juga aktif dalam organisasi dan kegiatan. Ia aktif dalam Bandung Architecture Family Forum. Ia juga menjabat sebagai Kepala Bidang Keprofesian Himpunan Mahasiswa Arsitektur IMA Gunadharma 2010 dan Ketua Jepret (Kelompok Minat Fotografi) Arsitektur ITB.

Keprihatinan akan kurangnya pendokumentasian dan publikasi arsitektur Indonesia membuat ia dan tiga orang rekannya berkolaborasi mendirikan VIDOUR, sebuah kelompok yang bertujuan mengabadikan kekayaan arsitektur Indonesia dalam bentuk video dokumenter yang akan bermanfaat sebagai sumber referensi masyarakat arsitektur Indonesia dan dunia.

What Next?

Saat ini ia telah menyelesaikan Tugas Akhirnya yang berjudul Bengkel Teater Rendra di Depok dan akan segera menamatkan studinya di ITB. Pintu masa depan terbuka dengan berbagai pilihan. Disini Andhang memilih untuk mencari pengalaman di dunia kerja sebelum melanjutkan pendidikan S2. Hasratnya yang besar untuk saling berbagi suatu saat kelak akan membawanya kembali ke Almamaternya untuk menjadi seorang pengajar sekaligus tetap ber-arsitektur dengan caranya sendiri. Hubungi Andhang di ar_trihamdani@yahoo.com.

Berita Terkait