Focus Group Discussion Renstra SAPPK 2011-2015 dan Penyusunan Kurikulum SAPPK 2013

Bandung, 11 dan 12 Desember 2012, Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion Renstra SAPPK 2011-2015 dan Penyusunan Kurikulum SAPPK 2013 di Grand Hotel Lembang.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari diikuti seluruh staf dosen dilingkungan SAPPK. Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Dekan SAPPK, Prof. B. Kombaitan dilanjutkan dengan Presentasi Materi Bidang Akademik oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo, Presentasi Bidang Sumberdaya oleh Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Dr. Ir. Denny Zulkaidi, MUP., dan Presentasi Kurikulum 2013 : Catatan Kurikulum Baru 2013 oleh Dr. Iwan Sudradjat.

Pada sambutannya Dekan SAPPK mengharapkan seluruh dosen mencatat semua kegiatan yang dilakukan baik itu bidang pendidikan, penelitian maupun kegiatan pengabdian masyarakat serta bidang sumberdaya. Seluruh hasil kegiatan tersebut merupakan pencapaian SAPPK dengan mengacu pada target-target yang tertera pada Renstra ITB.

Dari hasil presentasi masing-masing bidang tersebut, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Ada beberapa hal yang dipertanyakan dalam diskusi tersebut antara lain TPB SAPPK, penamaan bidang keilmuan, kurikulum magister, penamaan gelar kesarjanaan, kecenderungan pola pendidikan di ITB yang cenderung pada sains bukan ke-engineering, hasil-hasil penelitian dan kerjasama pendidikan, proses kenaikan pangkat khususnya bagi staf dosen ex-UNWIM (Kopertis) serta penyempurnaan proposal Program Studi Ekonomi. Dari bahasan umum tersebut akan dilanjutkan dengan pembahasan secara khusus untuk masing-masing bidang dalam acara paralel sesion.

Pada acara paralel sesion I yang terbagi pada tiga kelompok/forum diskusi, masing-masing terdiri dari para Ketua KK di Program Studi Wilayah dan Kota, Ketua KK Program Studi Arsitektur serta para Ketua Program Studi di SAPPK dan pembahasan kelompok terpisah sesuai dengan kelompoknya. Masing-masing forum diskusi tersebut melakukan pendataan semua aktivitas selama tahun 2012. Pembahasan difokuskan pada Evaluasi dan Capaian Target kelompok keahlian dan program studi. Pada bidang penelitian salah satu target capaiannya adalah penerbitan makalah pada jurnal, baik Jurnal Internasional maupun Jurnal Nasional, serta hasil presentasi makalah pada Prosiding Internasional maupun Prosiding Nasional. Juga diinventarisir kegiatan-kegaitan yang telah dilakukan, terutama kegiatan Seminar Internasional dan Nasional, Lokakarya, Kerjasama dan Internasionalisasi Program Studi.

Pada sesi berikutnya adalah pembasan Rencana dan Strategis pencapaian Target 2013 terkait renstra SAPPK 2011-2015 (KK dan Prodi) serta Evaluasi dan rancangan Road Map KK.

Diskusi dilanjutkan pada malam hari dengan fokus diskusi adalah kurikulum TPB, Sarjana, Magister dan Doktor.

Pada pembahasan Kurikulum TPB dan Sarjana yang menjadi fasilitator adalah Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo, sementara untuk kurikulum magister sebagai failitator adalah Wiwik Dwi Pratiwi, Ir., MES., Ph.D. dan Arief Rosyidie, Drs, MSP, M.Arch, Ph.D. sebagai fasilitator pada diskusi kurikulum program doktor.

Hari kedua pelaksanaan kegiatan Focus Group Discussion Renstra SAPPK 2011-2015 dan Penyusunan Kurikulum SAPPK 2013 diawali dengan kegiatan Olah Raga (Berenang, Joging dan Senam Taichi ) dari pukul 05.30 s.d. 06.30, masing-masing peserta dibebaskan memilih jenis olah raga yang disukai.

Pada pukul 09.00 acara Focus Group Discussion Renstra SAPPK 2011-2015 dan Penyusunan Kurikulum SAPPK 2013 dilanjutkan dengan sesi Pleno. Pada sesi ini, dilakukan presentasi hasil pembahasan isu bersama tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat oleh wakil Forum KK (AR , PWK) dan Forum Ketua Program Studi. Untuk menyempurkan bahasan tersebut, dibuka sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo.

Acara diakhiri dengan pembacaan kesimpulan oleh Dekan SAPPK ITB, Prof. B. Kombaitan sekaligus menutup acara Focus Group Discussion Renstra SAPPK 2011-2015 dan Penyusunan Kurikulum SAPPK 2013.

Berita Terkait