Seri Kuliah Tamu – Yu Sing

Sebagai bagian dari rangkaian Seri Kuliah Tamu di Semester II tahun 2015/2016, Yu Sing akan membagi ilmunya mengenai pengalaman profesinya sebagai arsitek, yang akan diadakan pada:

Jumat, 4 Maret 2016

Pk. 09.00-11.00

Tajuk : Arsitektur yang Hidup dengan Alam 

di R Galeri Arsitektur, Labtek IX-B, Jl Ganesha 10 Bandung

Yu Sing merupakan seorang arsitek muda yang dikenal dengan karya-karya arsitekturnya yang unik. Beliau menyelesaikan pendidikan arsitekturnya di jurusan arsitektur Institut Teknologi Bandung pada tahun 1999. Usai menyelesaikan pendidikannya, Yu Sing mendirikan studio arsitektur yang diberi nama “Genesis”.

Genesis adalah biro konsultan desain dengan semangat eksplorasi arsitektur kontemporer terhadap bentuk-bentuk geometris yang kuat. Kiprah Genesis kemudian berkembang pada penggalian arsitektur vernakular Indonesia dengan karakter rustic yang dipadukan ke dalam ekspresi kontemporer serta arsitektur berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Pada bulan Juni 2011, Genesis berubah nama menjadi akanoma, yang merupakan singkatan dari akar anomali yakni memperkuat komitmen untuk senantiasa berakar pada konteks potensi Indonesia dan persoalan masyarakat yang “terpinggirkan”. Hal ini ia buktikan dengan aktif mengikuti dan menggagas berbagai kegiatan sosial maupun komunitas sosial. Sebuah proyek filantropi terbaru yang ia gagas adalah “Papan untuk Semua”, yang bergerak di bidang perumahan dan ruang publik untuk masyarakat. Dalam proyek ini, ia bersama dengan rekan-rekannya membantu memberikan desain gratis dan juga ikut menggalang dana untuk membuat rumah layak huni yang aman bagi beberapa masyarakat yang kurang mampu.

Dengan berbagai kegiatan di atas, Yu Sing menunjukkan komitmen dan kepeduliannya yang tinggi terhadap bidang arsitektur, lingkungan dan sosial. Hal ini sejalan dengan tekad yang selalu ia usung, bahwa arsitektur adalah untuk semua, tidak terbatas pada kalangan menengah ke atas saja.

Yu Sing dikenal luas aktif mengikuti Sayembara Desain dan memenangkan juara 3 Citation of Excellent Architectural Design Reflecting East Asian Identity. Dan Juara Pertama untuk Sayembara Desain Menara Kalla di Makassar. Dan sederet penghargaan lainnya

Kuliah Tamu ini diwajibkan untuk peserta Studio Perancangan AR2290 dan terbuka untuk umum (gratis)

Berita Terkait