Indahnya Pesona Pasar Terapung

15213049 | Mawaddah Warahmah

 

Floating Market Lembang merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang menjanjikan di Jawa Barat. Berlokasi di Lembang yang jauh dari kebisingan kota, membuat tempat wisata ini sering dijadikan tempat pelepas penat bagi orang-orang yang bekerja rutin hampir setiap hari. Selain itu, Floating Market Lembang juga didesain dengan konsep alam yang sangat kental, sehingga ketika kita memasukinya kita tetap merasakan bahwa kita masih berada di daerah perkampungan yang asri dan sejuk. Kemudian Floating Market juga mempunyai berbagai macam fasilitas yang dapat membuat wisatawan bertambah nyaman untuk berlama-lama didalamnya.

ASPEK CITRA/IMAGE

Menurut saya, citra yang ditimbulkan dari Floating Market Lembang ini sangat positif. Selain didukung oleh nuansa alam disekitar nya, desain lanskap tempat wisata ini juga berusaha menyatukan dirinya dengan alam sekitar. Hal ini membuat citra yang ditimbulkan tempat wisata ini tidak bertolak belakang dengan tempat dimana ia berada.

Kemudian, bangunan-bangunan yang dibangun juga merupakan bangunan-bangunan Sunda sederhana yang semakin menambah kekentalan nuansa perkampungan Sunda di tempat wisata ini, seperti saung-saung yang berjejer ditepi jalan untuk dapat disinggahi wisatawan yang ingin beristirahat sejenak.

Selain itu, citra yang tidak kalah menarik yang menjadi target utama untuk dikunjungi dan selalu diingat wisatawan ketika berkunjung adalah pasar terapung yang merupakan adaptasi dari pasar terapung Sungai Kuin Banjarmasin, Langkat Sumatra Utara, dan Bangkok(Thailand).

ASPEK FUNGSI

Floating Market Lembang  secara umum memiliki dua fungsi yaitu fungsi komersial dan fungsi rekreasi. Menurut pengamatan saya, dua fungsi diatas saling berhubungan dan saling melengkapi satu sama lain. Namun, yang menjadi fungsi utama dari Floating Market Lembang ini adalah fungsi rekreasi.

Fasilitas rekreasi yang ada di Floating Market Lembang adalah terdapat area bermain anak-anak, perahu air, outbond, kereta air, dan lain-lain, yang semakin menggairahkan wisatawan untuk berekreasi di Floating Market Lembang. Selain itu, fasilitas komersial yang disediakan di Floating Market Lembang juga tidak kalah menarik,diantaranya pasar terapung yang hanya menjual makanan dan minuman khas dan juga terdapat rumah makan yang menyajikan makanan khas Indonesia, Asia dan Eropa yang semakin melengkapi wisata kuliner wisatawan serta terdapat toko-toko yang menjual pernak-pernik unik yang bisa dijadikan oleh-oleh.

ASPEK KENYAMANAN

Kenyamanan merupakan hal terpenting bagaimana seseoarang bisa berlama-lama disuatu tempat. Begitupun yang saya rasakan bila berkunjung ke Floating Market Lembang ini. Kenyamanan yang saya rasakan menurut saya merupakan perwujudan dari desain lanskap Floating Market yang dibuat seperti nuansa perkampungan. Nuansa yang asri, sejuk dan tenang serta diiringi dengan nyanyian sunda semakin membuat kita nyaman berada didalamnya sambil menyantap makanan dan untuk melepas beban pikiran yang ada.

IMG_20160518_122954

IMG_20160518_123230

IMG_20160518_122020

IMG_20160518_122323

IMG_20160518_122535

Berita Terkait