Oase di Kampus ITB

15213004 | Taufik Tandiono

Taman dengan desain sederhana namun menarik ini terletak di bagian belakang kompleks gedung perkuliahan ITB, tepatnya di samping pintu gerbang utara kampus ITB. Taman ini dikelilingi oleh 2 gedung baru ITB yaitu gedung CAS (Center for Advanced Studies ) dan gedung CRCS (Center For Research and Community Services). Karena letaknya di belakang ITB dan terhalang oleh bangunan gedung baru yang tinggi, maka tidak banyak mahasiswa yang mengetahui adanya taman ini. Taman ini berperan sebagai tempat bagi mahasiswa-mahasiswi untuk berkumpul, mengobrol, ,berdiskusi atau sekedar beristirahat setelah perkuliahan yang melelahkan selama  berjam-jam. Pembangunan taman ini yang jauh dari pusat keramaian kampus menurut saya adalah sangatlah tepat. Mahasiswa-mahasiswi yang ruang kelasnya berada di bagian belakang kompleks gedung perkuliahan ITB menjadi mempunyai sebuah ruang terbuka untuk duduk santai dan saling berinteraksi.

Aspek Image/ Citra

Desain taman ini menurut saya sangatlah menarik dan unik. Konsep utamanya adalah taman ini sengaja dibuat radial terhadap suatu titik. Komposisi jumlah pohon rindang yang ditanam pun sangat pas, sehingga view pada taman tersebut tidak terhalang pohon dan pohon yang berjumlah 2 tersebut dapat menjadi buffer panasnya sinar matahari. Orang yang duduk-duduk bisa merasa adem berada di taman tersebut. Desain yang unik ini dapat dijumpai pada permainan beda ketinggian lantai taman ini, yaitu pada paving taman yang berbentuk tangga-tangga. Lalu, setiap spot pada taman ini didesain berbeda dengan spot lainnya sehingga memberikan suatu pengalaman ruang yang kaya dan tidak membosankan kepada pengguna taman. Tempat duduk di taman ini terbuat dari batu dengan tempelan batu kali. Pemilihan batu sebagai material tempat duduk taman dibandingkan besi untuk kursi taman, bertujuan agar tempat duduk taman ini terkesan lebih melebur dengan alam.

Aspek Kenyamanan

Taman ini menurut saya sangat tenang dan damai karena letaknya yang jauh dari pusat keramaian kampus. Pusat keramaian kampus terletak di Campus Center ITB dimana mahasiswa-mahasiswa biasanya berlalu lalang, duduk berkumpul ,mengobrol dan melakukan kegiatan lainnya. Oleh karena itu taman ini sangat cocok bagi mahasiswa untuk duduk bersantai sesaat dan melepas kejenuhan perkuliahan. Meskipun letak taman ini dekat dengan jalan raya, yaitu Jalan Tamansari. Namun, suara dari kendaraan tidak begitu terdengar dari taman ini karena terdapat pohon-pohon yang berperan sebagai Buffer suara kendaraan yang lewat dan terdapat lapangan rumput yang memisahkan jalan raya dengan taman ini. Suara kicauan burung adalah suara yang paling terdengar ketika berada di taman ini. Selain sebagai buffer suara kendaraan, pohon-pohon rindang ini juga bertindak sebagai buffer terhadap terik sinar sinar matahari pada siang hari, sehingga orang-orang yang berada di taman tersebut merasa nyaman dan adem.

Aspek Privasi

Sebagai ruang publik, taman ini menurut saya memiliki tingkat privasi yang lumayan baik. Hal itu dikarenakan letaknya yang berada di bagian belakang kompleks kampus ITB dan terhalang oleh tingginya gedung-gedung baru ITB. Tidak banyak orang yang berjalan melewati taman ini sehingga cocok bagi mahasiswa yang membutuhkan sebuah tempat berkumpul yang jauh dari keramaian dan menginginkan sedikit privasi. Hampir dapat dikatakan bahwa taman ini bersifat eksklusif untuk mahasiswa-mahasiswi yang gedung perkuliahannya adalah gedung CAS dan CRCS saja. Letak tempat duduk di taman ini didesain tidak berdekatan sehingga memberikan privasi tersendiri bagi orang-orang yang duduk di tempat duduk tersebut.

 

 

Berita Terkait