Nuansa Kolonial di Era Modern

15214021 | ALBERT GIANTA MARGONO

Lokasi : Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat

Suasana Jalan Asia Afrika          Alun - alun kota Bandung          Suasana Jalan Asia Afrika 2

Jalan Asia Afrika merupakan salah satu tempat yang bersejarah dan berarti bagi seluruh negara di Asia Afrika dimana telah terjadi sebuah peristiwa penting yakni konferensi Asia Afrika yang memberikan pengaruh besar bagi Negara – negara di Benua Asia dan Afrika.

Bangunan – bangunan heritage bergaya art-deco masih banyak ditemui di sepanjang jalan Asia-Afrika ini. Jalan yang merupakan titik nol kota Bandung ini masih memiliki nuansa kolonial masa Hindia Belanda oleh karena bangunan – bangunan Belanda yang masih dipertahankan dan dipelihara sampai sekarang. Jalur Pedestrian yang lebar, lampu – lampu jalan dan Bangku – bangku yang ornamentalis serta bola batu yang melambangkan tiap negara dalam konferensi Asia Afrika semakin membuat lokasi ini seperti berada di negeri Eropa.

Jalan ini merupakan jalan yang cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat Bandung dikarenakan posisinya yang berada dekat dengan Alun – alun kota Bandung. Jalan ini juga dekat dengan jalan braga yang terkenal akan nuansa khas Bandung Tempoe doeloe. Tempat yang menarik dikunjungi di jalan ini adalah cikapundung river spot yang sering dijadikan tempat untuk festival dan konser musik. Suasana khas Hindia Belanda ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Kenyamanan dan Mood

Suasana Jaman Doeloe dari bangunan-bangunan di jalan Asia Afrika memberikan kenyamanan tersendiri kepada saya setiap kali berada disana. Saya juga adalah orang yang menyukai keramaian. Jalanan yang penuh keramaian kendaraan dan suasana keramaian ketika ada festival membuat hati saya gembira dan senang. Perasaan senang ini mampu membuat saya betah berlama – lama untuk duduk – duduk di bangku pedestrian jalan ini.

Suasana Jalan Asia Afrika 3          Kutipan Pidi Baiq

Citra / Image

               Bangunan – bangunan heritage di sepanjang jalan Asia Afrika memberikan nuansa dan image kolonial di era modern sekarang ini. Bangunan – bangunan seperti museum Asia Afrika dan Gedung Merdeka menyimpan begitu banyak sejarah yang sangat membuat saya tertarik dan penasaran dengan peristiwa yang telah terjadi puluhan tahun lalu di tempat ini.Seringkali juga saya membuat beberapa sketsa kecil untuk bangunan ini.

Gedung Merdeka

Ekonomi

Kawasan jalan Asia Afrika ini sesungguhnya sangat berpotensi untuk dijadikan tempat wisata sejarah di kota Bandung yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kota Bandung. Cikapundung riverspot sendiri dapat dijadikan sarana pengembangan ekonomi dan kreatifitas masyarakat Bandung dengan sering diadakannya festival di kawasan ini.

Berita Terkait