Diskusi Sayup Rumah Ropih

DSC_0526

Rumah Ropih, merupakan salah satu galeri seni yang berlokasi di Jalan Braga, Bandung, rumah seni ini menempati salah satu bangunan bergaya art deco yang keasliannya masih terjaga. Tampak depan Rumah Seni Ropih ini sangat sederhana layaknya toko biasa yang menjual bermacam-macam karya seni mulai dari lukisan tradisional hingga patung pada ruang utamanya. Tetapi  selain galeri pada ruang utama tersebut, terdapat ruang yang unik pada rumah seni ini, yaitu pemanfaatan ruang bawah tanah yang masih difungsikan. Ruang bawah tanah pada Rumah Seni Ropih ini selain berfungsi sebagai galeri seni, juga digunakan sebagai ruang kerja, ruang rapat dan perpustakaan mini.

DSC_0509

Tidak semua orang dapat mengakses ruang bawah tanah yang berfungsi sebagai ruang kerja, ruang rapat dan perpustakaan ini, kebetulan saat itu saya mempunyai teman yang seringkali nongkrong di Rumah Seni Ropi sehingga saya bisa mengakses semua penjuru ruang bawah tanah Rumah Ropih. Saat itu saya dan teman-teman mendapat fasilitas ruang rapat di Rumah Ropih ini. Karena ruang rapat terletak pada bawa tanah, suasana jalan menuju ke ruangan ini terkesan horror, lembab dan kurang nyaman. Tetapi ternyata saat di dalam ruang rapat suasana yang tercipta sangat berbeda dengan jalan menuju ruangan ini.

DSC_0435

Mood yang tercipta saat berada di ruang rapat Rumah Ropih ini adalah tenang, nyaman, dan fokus. Suasana tenang tercipta karena letak ruangan ini berada di bawah tanah dimana suara keramaian Jalan Braga teredam dengan alami. Kenyamanan tercipta karena interior ruangan ini bernuansa kolonial dan dipenuhi karya seni, dimana suasana ruangan seperti ini sulit sekali ditemukan di tempat lain. Sedangkan suasana fokus tercipta karena pencahayaan yang ada pada ruang rapat ini tidak berlebihan, hanya ada satu buah lampu gantung yang menerangi bagian tengah meja rapat.

DSC_0415

Pada ruang rapat yang saya dan teman-teman gunakan saat itu langsung terhubung dengan ruang kerja salah satu seniman Rumah Ropih. Masih sama seperti ruang rapat, ruang kerja ini juga menciptakan suasanya tenang, nyaman, dan focus. Selain itu yang membedakan ruangan ini berbeda dengan ruang kerja lainnya adalah mood yang ditimbulkan saat orang bekerja pada tempat ini pasti lebih santai daripada ditempat lain. Penataan interior ruangan ini dan dekorasi ruangan membuat orang yang bekerja disini merasa akan lebih rileks dan tidak formal.

Nama : Siti Maisyaroh
NIM : 15213031

 

Berita Terkait