Zhongsan Road – Heart of the City

Zhongsan Road – Heart of the City

LVY | 15214004

main picture

gambar 1 : suasana malam di Zhongsan Road, Xiamen

Zhongsan Road merupakan salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Distrik Siming, Provinsi Xiamen, Tiongkok. Di sini, kita bisa menemukan berbagai macam barang-barang unik, mulai dari makanan, pakaian, hingga aksesoris. Jalan ini memiliki lebar sekitar 10 meter dengan sepanjang jalan dipenuhi dengan stand-stand jualan ataupun ruko-ruko. Sesak pengunjung lokal maupun dari luar tidak ada hentinya karena pusat perbelanjaan ini terbilang unik dan lengkap.

 fix4

gambar 2: sebuah patung yang mengenakan gaun dengan piring-piring sebagai material utama.

Citra

Jangan mengharapkan barang murah bila ingin mencari barang bermutu. Beberapa restoran di sini menggunakan embel-embel ‘stand makanan’ namun pada kenyataannya merupakan usaha yang cukup maju dan sukses. Mereka menangkap langsung ikan-ikan yang akan disantap sesaat setelah kita memesan. Cara memasak pun beragam, mulai dari dipanggang, digoreng, dikukus, hingga dijadikan sup. Meskipun harga yang dicantum lebih mahal dari tempat lain, hal tersebut sangatlah lumrah karena daerah ini merupakan salah satu tempat pariwisata terfavorit di Xiamen.

fix3

gambar 3: aneka jajanan jalanan

fix2

gambar4: pengunjung membeli cumi bakar

Selain makanan siap saji, di sini juga menjual berbagai aneka makanan kering dan oleh-oleh seperti Bee Cheng Hiang, dll. Banyak stand makanan yang menjual aneka snack seperti sotong raksasa yang dipanggang, terong bakar, dll. Tak hanya menikmati santapannya yang lezat, kita dapat menikmati indahnya pemandangan lively city di jalanan ini. Sepanjang jalanan dipasang barisan-barisan lampion yang akan menyala di malam hari. Banyak juga patung-patung unik yang bisa diajak selfie bersama. Selain itu, jalan utamanya mulus dan jarang sekali ditemukan sampah, menampilkan image bahwa Zhongsan Road adalah daerah yang bersih dan rapi.

Mood

Bisa terbilang bahwa Zhongsan Road merupakan incaran para shopping maniac dari mancanegara. Jalanannya yang sangat lebar mampu menampung hingga ribuan orang. Meskipun begitu, sesak yang dirasakan pasti sangatlah terasa oleh pengunjung akibat banyaknya stimulus yang diterima. Namun, kerapian penataan gedung-gedung maupun stand-stand di sepanjang jalan bisa mengimbangi hal tersebut.

Ekonomi

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa isi dompet akan terkuras banyak apabila bepergian ke sini. Banyak sekali barang-barang unik yang bisa ditemui dengan harga yang tidak terlalu mahal. Kita bisa menemukan aneka buah-buahan, pakaian lokal, sepatu, dessert, tar nenas khas Taiwan, perhiasan, hingga aksesoris.

Keberadaan Zhongsan Road merupakan peluang besar warga Xiamen untuk memperbaiki kehidupan secara ekonomi. Pastinya banyak restoran ataupun stand yang ingin menyewa pegawai. Selain itu, banyak juga ditemukan hotel maupun objek wisata menarik di sekitarnya sehingga membuat daerah ini semakin ramai dan padat.

Keselamatan dan Keamanan

Pengunjung bebas berjalan di jalanan ini dikarenakan mobil-mobil maupun kendaraan lainnya tidak diperbolehkan memasuki kawasan ini. Meskipun begitu, padatnya aktivitas yang ada di sana meningkatkan resiko terjadinya pencurian barang berharga ataupun kehilangan barang. Akan tetapi, pemerintah di sana telah mengantisipasinya dengan memasang CCTV di setiap sudut jalanan.

fix5

Gambar 5 (kanan): suasana jalanan di malam hari

Berita Terkait