Kuliah Tamu-Don Kamarga, PT. Beton Elemenindo Putra

Kuliah tamu pertama di Semester II 2016-2017 diberikan oleh Bapak Don Kamarga, Managing Director Beton Elemenindo Putra, sebuah perusahaan start-up yang bergerak dalam bidang komponen bangunan menggunakan bahan styrofoam.

Styrofoam sebagai material yang identik dengan tidak ramah lingkungan karena waktu degradasinya yang sangat lama ternyata memiliki potensi sebagai material bangunan.

Dengan teknologi di bidang industri, kepadatan butiran Styrofoam dapat dikontrol sehingga memiliki karakter yang bisa diandalkan sebagai struktur apung di daerah perairan. Pengembangan di luar negeri terutama di benua eropa memberikan gambaran bahwa material ini bisa menjadi solusi pengembangan lahan untuk fungsi tertentu dengan persyaratan khusus. Misalnya perpustakaan komunitas di daerah pedalaman yang mengandalkan media transportasi air (baik sungai maupun danau), bahkan bisa dijadikan struktur bagian bawah jembatan untuk infrastruktur penghubung antar pulau kecil yang banyak tersebar di Indonesia.

Selain struktur apung, Styrofoam dapat dikombinasikan dengan material baja ringan, tulangan dan fibre menjadi material façade arsitektural, yang finishing akhirnya menggunakan beton lapis dengan ketebalan tertentu. Ekspresi akhirnya menyerupai beton ekspos, yang terkesan kokoh dan tahan lama, tapi memiliki berat yang sangat ringan dan memungkinkan dibentuk menjadi profil sesuai keinginan perancang. Dengan sambungan yang sudah dikembangkan, serta diferensiasi kepadatan untuk tujuan yang beragam, dihasilkan berbagai produk yang siap untuk diaplikasikan sesuai kebutuhan.

Video presentasi dapat diakses di sini.

Save

Save

Berita Terkait