Penandatanganan MoA dengan Kabupaten Sumedang Selatan

Pada hari Kamis, 9 Maret 2017, telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Dekan Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB dengan Camat Sumedang Selatan.

Kesepakatan ini diinisiasi oleh Komunitas Mitra Desa, yaitu kelompok dosen Program STudi Arsitektur ITB yang bekerjasama dengan TESDC POLMAN, Yayasan Langit Bumi Nusantara, dan Sosial Teknologi ITB. Kerjasama ini terjadi berlandaskan pada latar belakang kegiatan Mitra desa yang bermaksud membawa lingkup Arsitektur tidak hanya terbatas pada skala bangunan, tetapi sampai kepada lingkup Lingkungan Binaan yang lebih luas- dengan melihat, mengamati dan melakukan sesuatu yang nyata di lapangan. Hal ini juga didukung oleh motivasi komunitas Mitra Desa yang menginisiasi dan mengembangkan suatu “Desa Binaan” yang dapat diaplikasikan melalui riset-riset terapan baik di bidang Arsitektur, Lingkungan Binaan, dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna, maupun di bidang Pemberdayaan Sosial, Budaya, dan Ekonomi Masyarakat.

Penandatanganan MoA ini dihadiri oleh pihak Kecamatan Sumedang Selatan, yaitu Pak M. Wasman selaku Camat Sumedang Selatan, Pak Abdul Rozak selaku juru tulis, kepala dusun Cisoka, dan oleh pihak SAPPK yaitu Prof. Widjaja Martokusumo selaku Dekan SAPPK ITB, Pak Permana beserta tim Summer Camp 2017 ITB, dan beberapa dosen dari komunitas Mitra Desa, yaitu Pak Budi Rianto, Pak Donny Kurniawan, Pak Aswin Indraprastha, dan Pak Bambang Toto Pambudi.

Kesepakatan yang tercantum di dalam MoA meliputi maksud dan tujuan kerjasama, objek perjanjian kerjasama, ruang lingkup kerjasama, pelaksanaan kegiatan, tanggung jawab kedua belah pihak, pembiayaan pelaksanaan kegiatan kerjasama, jangka waktu perselisihan, dan penutup dengan tanda tangan oleh kedua belah pihak.

Berita Terkait