Juara Kategori Urban Design dan Juara Harapan Kategori Arsitektur, Design Resilience in Asia 2018

Selamat kepada tim mahasiswa magister arsitektur SAPPK ITB yang berhasil menjuarai kompetisi desain the 4th Designing Resilience in Asia (DRiA) 2018.

DRIA merupakan kegiatan Kompetisi Desain dan Simposium Internasional yang diselenggaran oleh the National University of Singapore (NUS) setiap tahun sejak 2015. Kompetisi desain memajukan gagasan desain perkotaan dan arsitektur, serta mempromosikan inovasi dalam membangun teknologi untuk memastikan ketangguhan (resilience)  masyarakat terutama sebelum dan selama bencana berbasis air seperti banjir dsb. Kegiatan ini diikuti oleh 10 universitas terpilih sedunia dan masing-masing universitas mengirimkan 2 tim, sehingga terdapat 20 tim peserta sayembara desain internasional ini yang dinilai oleh dewan juri internasional yang sangat ahli di bidangnya.

Kasus sayembara tahun ini adalah daerah tepian Sungai Chao-Praya di Bangkok, Thailand yang terancam banjir dan penurunan permukaan tanah. Mahasiswa telah mengerjakan sayembara ini selama semester II 2017/2018 sebagai tugas studio. Tim ITB diwakili 2 tim yang terpilih diantara 4 kelompok dalam studio perancangan arsitektur AR5290:

  1. Tim A ITB dibimbing Pak A.D. Tardiyana dengan anggota tim Bhagaskara Adwitiya, Mutiara Ningrum, Yuninda Mukty Ardyanny, Aliviana Demami, Freddy Tjahyadi, Heince Maahury mengajukan gagasan bertajuk “Liquid Bangkok: Waterspatial Tactics for Resilience” berhasil meraih juara harapan/Honorable Mention.
  2. Tim B ITB dibimbing Pak Jimmy Purba dengan anggota tim Belia Astoria, Tidi Ayu Lestari,  Cathrine, Diah Fitria Ardani, Agnestrisia, Winsensius Stevano Patrix Raco mengajukan gagasan bertajuk “WAT.er: Redefining Wat as the Centre for Resilience through the Temple Oriented Development” meraih Juara pada kategori Urban Design.

Juara kategori arsitektur tahun ini dari RMIT, sedangkan juara keseluruhan/overall dari NCKU.

Sekali lagi, selamat bagi tim mahasiswa dan semua dosen pembimbingnya, semoga menjadi penyemangat bagi yang lain.

Berita Terkait