Krupuc Talk#1-3 September 2018: Prof. Stephen Chairns

Bekerja sama dengan IAI Provinsi Jawa Barat Bidang Pendidikan Arsitektur Berkelanjutan dan Program Studi Arsitektur SAPPK ITB, ‘KRUPUC Talk’ yang pertama dilaksanakan pada Senin 3 September di ruang kelas 6101, gedung Arsitektur ITB, 18.30-19.30. Pembicara kali ini, Prof. Dr. Stephen Cairns, Direktur Program Future Cities Laboratory akan bercerita tentang prinsip-prinsip dasar perancangan kota, khususnya untuk kawasan-kawasan yang mengalami perkembangan sangat cepat di Asia.

Prof. Stephen  memberikan ilustrasi teori, riset dan proyek yang berhubungan dengan tema ini. Karya-karya dan riset Stephen berfokus pada area hinterland kota-kota besar di Asia Tenggara, India dan Tiongkok dimana percampuran kegiatan pertanian dan pemukiman terjadi, misalnya Tropical Town di Batam, Cultures of Legibility: Emergent Urban Landscapes in Southeast Asia (2007-2010), Difference and Repetition: An Investigation of the Residential High-Rise as a Global Form (2004-2007); Orienting the Future: Design Strategies for Non-Place (2005-2006) dan lainnya.

KRUPUC talk adalah acara gratis tiga bulanan yang mencoba mendekatkan praktik dan teori urban arsitektural kepada masyarakat. Siapapun yang berminat diundang untuk hadir. Anggota IAI mendapatkan KUM 1.5 untuk kegiatan ini.

KRUPUC adalah Knowledge for Rural and Urban Projects Under Construction, yang diasuh sekelompok praktisi dan akademisi yang peduli masalah-masalah arsitektur dan perkotaan yang relevan di Indonesia dan dunia.

Bahan presentasi Prof. Stephen Chairns dapat diakses di sini, video presentasi dapat dilihat di sini.

Berita Terkait