AA Visiting School 2017

AA Visiting School 2017
“Bandung Streetware”

Kerjasama

Program Arsitektur Institut Teknologi Bandung
Architectural Association (AA) School of Architecture
Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Bandung
Komite Ekonomi Kreatif Kota Bandung

Penyelenggara: Program Studi Arsitektur ITB, Bandung Creative City Forum dan Architectural Association School of Architecture, London, Inggris.
Waktu: 5-14 Juli 2017
Tempat: ITB, Kawasan Jalan Sudirman, Galeri Saraswati, Bandung Creative Hub
Keluaran:
• Publikasi buku
• Simposium
• Pameran
• Publikasi media sosial & website
• Sertifikat keikutsertaan program

Deskripsi Kegiatan

Architectural Association Visiting School (AA Visiting School) adalah program workshop singkat internasional yang secara reguler dilaksanakan oleh sekolah arsitektur tertua dan terkemuka di dunia, Architectural Association School of Architecture, London, Inggris. Program yang sudah dilakukan sejak tahun 2008 dengan 4000 mahasiswa dari seluruh dunia ini berupa program di luar kegiatan akademik reguler, dalam jangka waktu singkat (10-12 hari) yang merupakan rangkaian perkuliahan, workshop desain, survey lapangan dan simposium. Dalam setiap kegiatannya, AA Visiting School kerjasama dan berkolaborasi antara berbagai institusi lokal dengan tujuan untuk mengolah isu-isu yang berhubungan dengan arsitektural, budaya dan sejarah, teknologi serta sosial untuk memecahkan masalah- masalah dalam lingkungan perkotaan.
Dalam kegiatan yang berdurasi kurang lebih sepuluh hari tersebut para peserta bersama para mentor melakukan rangkaian kegiatan yakni: kuliah instruksional dari beberapa nara sumber dan praktisi, survey lapangan, workshop desain dan komputasi, simposium dan pameran untuk berkontribusi kepada pemerintah kota atas satu isu terkait perencanaan dan perancangan lingkungan binaan dan arsitektur.

Program AA Visiting School 2017 akan dilaksanakan di Kota Bandung dengan mengambil studi kasus Kawasan Sudirman sebagai daerah pusat kota yang memiliki nilai kesejarahan dan perekonomian/perdagangan. Metodologi urban streetware akan dilakukan dengan cara melakukan proses pemetaan komponen-komponen tangible dan intangible kondisi eksisting yang kemudian akan menjadi dasar pengembangan konsep baru aktivasi Kawasan Sudirman yang memperhatikan hubungan antara bangunan dan kota, aktifitas dan pengguna, aspek fisik dan budaya.

Peserta

Peserta berasal dari kalangan mahasiswa tingkat akhir dan pasca sarjana, professional muda yakni arsitek, desainer dan seniman.

Pendaftaran

Peserta adalah mahasiswa tingkat sarjana minimal semester 6, mahasiswa pasca sarjana dari jurusan arsitektur atau perencanaan wilayah dan kota, atau professional muda di bidang arsitektur.
Persyaratan peserta:
–    Memiliki kemampuan berbahasa Inggris, baik verbal maupun tulisan.
–    Memiliki kemampuan desain yang baik yang ditunjukkan menggunakan portofolio.
–    Memiliki dasar-dasar pengetahuan dan kemampuan 2D & 3D Modelling, khusunya Rhinoceros dan Grasshopper.
Prosedur Pendaftaran:
–    Mengisi formulir pendaftaran di tautan berikut  https://goo.gl/forms/nGOpOjBWux5Ll2u32 paling lambat tanggal 15 Juni 2017.
–    Hasil seleksi peserta akan diumumkan tanggal 19 Juni 2017.
–    Peserta yang terpilih dapat melakukan pembayaran biaya kegiatan sebesar GBP 300, atau setara dengan Rp. 5.200.000,-

Kontak Panitia

Panitia Lokal AAVS 2017 Bandung Streetware
Program Studi Arsitektur ITB
Gedung Labtek IXB ITB Lantai 2
Jalan Ganesha 10 Bandung, 40132
Telepon: 22 2504962, 22 25030705
Email: aavs17.bdg@gmail.com

 

Save