Kuliah Lapangan 25 Oktober-Proyek Asrama di Kampus ITB Jatinangor

Program Studi Arsitektur ITB mengadakan kuliah lapangan untuk peserta mata kuliah AR3120 Studio Konstruksi dan Bahan 2. Kuliah lapangan dilakukan pada Hari Kamis, 25 Oktober 2018, dengan mengunjungi proyek konstruksi Asrama Mahasiswa ITB Jatinangor yang berada di kampus ITB Jatinangor. Dari kunjungan ini, mahasiswa belajar mengenai konstruksi bangunan dengan beton pracetak. Oleh karena bangunan Asrama Mahasiswa ITB Jatinangor menggunakan sistem konstruksi beton pracetak, proyek ini tepat untuk menjadi lokasi kunjungan.

Kuliah lapangan ini terdiri dari dua sesi. Sesi pertama adalah penjelasan oleh Direktorat Pengembangan ITB di ruang kelas Gedung D. Pada sesi pertama ini, mahasiswa mendapat penjelasan tentang proyek Asrama Mahasiswa ITB Jatinangor. Bangunan Asrama Mahasiswa ITB Jatinangor ini merupakan hibah dari Kementerian PUPR. Di proyek ini untuk pertama kalinya PUPR menerapkan sistem sambungan beton pracetak baru hasil temuan mereka. Selain deskripsi tentang proyek, mahasiswa juga mendapat penjelasan tentang tahapan konstruksi bangunan asrama mahasiswa ini. Pada sesi kedua, mahasiswa diajak untuk melihat langsung pekerjaan konstruksi di lapangan. Observasi di lapangan dilakukan secara berkelompok, dipandu oleh perwakilan dari MK (Manajemen Konstruksi) dari proyek Asrama Mahasiswa ITB Jatinangor. Di sesi ini, selain mendapat penjelasan dan melakukan tanya jawab dengan MK, mahasiswa juga diminta untuk merekam dengan foto atau video beberapa elemen konstruksi di lapangan sebagai resume kuliah lapangan ini.

Kuliah lapangan ini menjawab rasa penasaran dari mahasiswa tentang konstruksi beton pracetak yang selama ini hanya bisa dilihat melalui gambar atau video. Antusiasme mahasiswa sangat tinggi, terbukti dari aktifnya mahasiswa dalam tanya jawab di setiap sesinya.

Berita Terkait