Kuliah Tamu-30 Oktober: Jan Hensen

Pada hari Selasa, 30 Oktober 2018, Arsitektur ITB kedatangan tamu dari TU Eindhoven. Prof. Jan Hensen, professor di bidang simulasi bangunan, memberikan kuliah tamu tentang pemanfaatan simulasi bangunan dalam desain dan riset di bidang arsitektur. Garis besar presentasi beliau antara lain: urgensi simulasi kinerja bangunan saat ini, benefit dari adanya program computer untuk simulasi kinerja bangunan, serta tantangan dalam pemanfaatannya.

Menurut Prof. Jan Hensen, keberadaan software untuk simulasi bangunan sangat kontekstual dengan situasi saat ini, yaitu ketika isu pembangunan berkelanjutan menjadi isu penting. Di industri arsitektur, pembangunan berkelanjutan terwujud dalam banyak jargon dan konsep pembangunan, seperti energy-efficient building, green building, passive design, dan lain-lain. Semua konsep itu perlu dibuatkan modelnya dan diuji terlebih dahulu, agar bisa memberikan hasil yang optimal, sesuai dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan. Pembuatan model dan pengujian itu bisa dilakukan oleh software simulasi kinerja bangunan.

Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan aktivitas manusia di dalam gedung, mulai muncul tuntutan agar bangunan memenuhi standar kesehatan dan kenyamanan bagi penghuninya. Tujuannya adalah untuk menciptkana lingkungan kerja yang lebih produktif bagi manusia. Kemampuan desain untuk memenuhi standar kesehatan, kenyamanan, dan lingkungan yang produktif ini tentu tidak bisa hanya diimajinasikan melalui gambar-gambar. Indikator-indikator kualitatif dan kuantitatif dari ketiga capaian yang diinginkan tadi harus bisa disimulasikan di bangunan model. Simulasi kinerja bangunan berperan sangat penting di sini.

Video presentasi dapat dilihat di sini (Bagian 1) dan di sini (Bagian 2) .

Materi presentasi dapat diakses di sini.

Berita Terkait