Kuliah Tamu-19 November: Wahyu Pratomo

Kuliah Tamu dari mata kuliah Apresiasi Arsitektur menghadirkan Wahyu Pratomo (Arsitektur 2007). Wahyu Pratomo adalah seorang Airport Planner.
Sejak lulus dari Master of Urbanism di TU Delft, Wahyu bekerja di Netherlands Airport Consultants (NACO)/ Royal HaskoningDHV. Selain pekerjaan utamanya tersebut, Wahyu juga aktif membuat video review arsitektur di #donotsettle. Saat ini #donotsettle sudah bekerja sama dengan MVRDV, UNStudio, MAD Architects, Ingenhoven dan JDSA. #donotsettle juga menjadi columnist tetap di ArchDaily.com dalam kolom khusus #donotsettle Extra.Koleksi video #donotsettle dapat diakses melalui chanel youtube.com/donotsettle!

Pada kuliah tamu tersebut, Wahyu mengawali dengan menunjukkan beberapa karya arsitektur terkenal yang ternyata tidak sebagus dokumentasinya. Salah satu yang dibahas di sesi awal ini adalah Bird Nest di Shanghai. Hal ini menjadi hipotesa awal yang baik, bahwa Image terhadap suatu karya arsitektur akan bergantung pada cara mengapresiasi/ mereview baik itu substansi dan visual, yang dipublikasikan melalui berbagai media sosial.

Menurut Wahyu, video review arsitektur ini memiliki peran penting dalam eksistensi suatu karya arsitektur. Setelah tahapan announcemet of project in media, construction update, announcement of completion, maka #donotsettle sebagai reviewer arsitektur diperlukan untuk mengetahui ‘How is it really? What do People Think’.

Bahan presentasi dapat diakses di sini.

Video presentasidapat diakses di sini dan di sini.

Berita Terkait