STKA Day 4

Digagas oleh khalayak Diskusi Arsitektur dan Filsafat 2018, Diskusi Terbuka Arsitektur akan segera diselenggarakan lagi oleh Kelompok Keahlian- Sejarah Teori dan Kritik Arsitektur (KK-STKA) , Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB :

Diskusi Meja Bundar STKAday 4.0
“THE END OF ARCHITECTURE: LONG LIVE ARCHITECTURE?”

Diskusi meja bundar dengan tema “The End of Architecture: Long Live Architecture?” ini merupakan forum eskatologi untuk membuka kembali tabir nasib arsitektur (kontemporer) yang konon ajalnya sudah semakin mendekat, karena akan tersapu oleh berbagai badai teknologi informasi dan tenggelam dalam lautan algoritma yang diciptakan oleh Revolusi Industri 4.0. Proses kreasi arsitektur tiba-tiba menjadi praktik budaya yang redundant karena sebagian besar atau keseluruhan dari tahapannya akan segera diambil alih oleh mesin dan robot. Dunia praktik arsitektur kontemporer dituntut untuk meninggalkan jejak-jejak analognya, dan segera mungkin bermigrasi ke dunia digital. Dalam waktu dekat, disrupsi dan “de-profesionalisasi” dalam dunia arsitektur dikhawatirkan tidak terhindarkan lagi.

Ketika berbicara tentang “The end of architecture”, kita tidak berbicara tentang kematian arsitektur yang sesungguhnya, melainkan tentang kematian konseptual arsitektur dan potensi pengembangan “konsep arsitektur alternatif” yang relevan sebagai penggantinya. Adakah kesempatan bagi “konsep arsitektur alternatif” untuk hadir menggantikan konsep arsitektur (kontemporer) yang kini tengah meregang nyawa? Bagaimana gambaran kondisi historis yang akan melingkupi konsep arsitektur alternatif di masa mendatang, baik dari sisi internal yang sepenuhnya bersifat ideal, fisik dan spasial, maupun dari sisi eksternal yang terkait dengan aspek sosial, politik, budaya, ekonomi, teknologi dan aspek relevan lainnya.

Diskusi akan menghadirkan
Pemapar/pemrasaran: Sudaryono Sastro Sasmito dan I Bambang Sugiharto
Pembahas: Avianti Armand dan Jo Adiyanto

Moderator: Indah Widiastuti dan Mahatmanto

Acara diskusi diselenggarakan pada tanggal 7 September 2019.
Gedung Arsitektur Labtek IXB
Jalan Ganeca No. 10 Bandung.

Pendaftaran mulai dibuka tanggal 11 Juni 2019
Jumlah peserta diskusi akan dibatasi maksimal 100 peserta

Informasi lengkap segera menyusul.
Silakan membagi informasi ini .

*seperti biasa Pemapar/pemrasaran dan Pembahas adalah pemantik, hadirin para peserta adalah api nya.

Berita Terkait