Evaluasi Kinerja Dosen Pembimbing Studio

Setiap akhir semester, seluruh mahasiswa di ITB diminta mengisi kuesioner kinerja masing-masing mata-kuliah yang diikutinya secara online. Evaluasi yang diselenggarakan oleh ITB, merupakan evaluasi terhadap kuliah, bukan evaluasi terhadap studio. Prodi Arsitektur ITB secara mandiri mengembangkan metode evaluasi Studio Perancangan untuk mengetahui kinerja studio. Bagian dari evaluasi tersebut, evaluasi kinerja dosen, yang berupa evaluasi terhadap Kontribusi Dosen dan Metode Pengajaran Dosen pembimbing studio. Evaluasi dilaksanakan dengan membagikan kuesioner ke mahasiswa di tengah semester, di akhir semester atau di akhir tugas tertentu.

Poin-poin evaluasi Kontribusi Dosen berupa poin-poin kontribusi terhadap pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dalam hal  :

– Eksplorasi kasus dan konteks
– Pemahaman dan prioritas isu perancangan
– Penentuan dan pencapaian tujuan perancangan
– Kriteria dan persyaratan solusi perancangan
– Pencarian alternatif dan reasoning konsep perancangan
– Metode merancang
– Kreatifitas dalam perancangan
– Presentasi secara grafis dan lisan
– Wawasan dan pengetahuan substansi perancangan

Poin-poin evaluasi Metode Pengajaran Dosen berupa poin-poin evaluasi terhadap hal-hal :

– Kemudahan komunikasi, kesediaan mendengarkan, kesempatan berbicara
– Kejelasan dan kemudahan materi dipahami
– Persiapan yang dilakukan sebelum asistensi
– Ketertiban asistensi
– Umpan balik yang diberikan ke mahasiswa

Temuan dibicarakan di dalam rapat, untuk menentukan tindakan dan kebijakan yang akan diambil untuk merespon hasil temuan, dan kinerja masing-masing dosen disampaikan ke masing-masing. Temuan disampaikan dalam bentuk diagram radar spt di bawah ini dan deskripsi tentang poin-poin kinerja tersebut.

Hubungi Hanson E. Kusuma di hangsong(at)ar.itb.ac.id, untuk mengetahui detail-detail metode evaluasi (spt model/kerangka yang digunakan untuk menyusun poin-poin evaluasi, pemilihan kalimat dan kata-kata, penentuan skala evaluasi dll), metode analisis data evaluasi dan interpretasi.

Berita Terkait