Summer Camp Program 2015

Program Studi Arsitektur, Magister Arsitektur dan Arsitektur Lanskap bekerjasama dengan Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta menyelenggarakan program Summer Camp 2015 dengan topik: Desain Bangunan Bambu dan Lanskap dengan Pendekatan Algoritmik. Kegiatan ini berlangsung di dua tempat yakni:

  1. Tanggal 5- 12 Agustus 2015 di kampus ITB dan Akademi Bambu Nusantara, Serpong, Jawa Barat
  2. 13-14 Agustus 2015 di kampus UII Yogyakarta dan Desa Glondong, Kabupaten Sleman

Dari ITB, dosen- dosen yang berpartisipasi adalah: Dr.-Ing. Andry Widyowijatnoko, IAI, Aswin Indraprastha, Ph.D, IAI, Budi Faisal MLA, MAUD, Ph.D, IAI, dan Dibya Kusyala, MT. Sedangkan dari UII, staf pengajar yang berpartisipasi adalah: Syarifah Ismailiyas Al-Athas, ST., MT., Yulianto Purwono Prihatmaji, ST., MT.,PhD, Dyah Hendrawati, ST., MSc., dan Barito Adi Buldan Raya Ganda Rinto, ST., MA.

Total peserta yang berpartisipasi adalah lima puluh orang terdiri dari mahasiswa S1, S2 dan alumni, serta mahasiswa dari Universitas Sriwijaya, Riau dan mahasiswa dari UITM, Malaysia.

Rangkaian kegiatan dimulai dari satu minggu di ITB, Bandung. Pada sesi ini selama kurang lebih lima hari semua peserta mendapatkan kuliah, praktikum komputer dan pembuatan model. Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok mendesain dan menganalisis modelnya untuk keperluan konstruksi dan instalasi di lapangan.

Sesi kedua dilangsungkan di desa Glondong, salah satu desa binaan dari Universitas Islam Indonesia. Setiap kelompok membangun shelter sesuai dengan desain masing-masing dengan dibantu oleh beberapa warga.

Kegiatan ini menumbuhkan antusiasme baik bagi peserta dari ITB maupun dari UII dimana mereka mengalami bekerjasama dalam membangun suatu konstruksi secara langsung. Acara ini dirasa sangat menarik dan diharapkan dapat berlangsung secara reguler setiap tahunnya.

[huge_it_gallery id=”41″]

Berita Terkait