A Cozy ‘Tree’ Lobby at Clove Garden Hotel & Residence

15212100 | Fathina Izmi Nugrahanti

Lobby Clove Garden Hotel & Residence sisi resepsionis

Apartemen dan hotel tumbuh dan berkembang dengan cepat di Bandung seiring dengan meningkatnya minat pendatang dari luar kota untuk berwisata ke Bandung, saling bersaing untuk menarik perhatian pengunjung dengan menawarkan konsep dan fasilitas-fasilitas yang berbeda-beda.

Clove Garden merupakan apartemen dan condotel baru di bawah pengelolaan manajemen Willson yang berlokasi di Jalan Awiligar, Cikutra, Bandung. Bangunan yang telah beroperasi sejak pertengahan 2015 ini menawarkan konsep apartemen dan condotel yang nyaman dan asri bersuasana resort di tengah kawasan hijau Bandung Utara yang cocok untuk tempat beristirahat dari hiruk-pikuk keramaian Kota Bandung.

Mengikuti konsep besarnya, banyak ruang-ruang pada bangunan ini yang dedesain terbuka dan menyatu dengan alam atau terinspirasi dari bentuk serta karakter yang ada di alam. Interior bangunan ini berupaya menghadirkan suasana alam ke dalam bangunan. Salah satu ruang yang selaras dengan konsep tersebut dan berkesan menurut penulis adalah lobi utama bangunan ini.

Lobi ini bersifat semi-terbuka karena di dua sisi tertutupi oleh dinding sedangkan di kedua sisi lainnya terbuka menghadap ke pemandangan perbukitan Bandung Utara yang hijau dan void besar diantara dua tower bangunan. Interior ruangan ini mengangkat konsep minimalis dengan pemilihan finisihing yang tidak terlalu banyak variasi warna ataupun tekstur. Dinding dan plafon didominasi warna putih sedangkan lantai menggunakan keramik ukuran 60 x 60 cm bertekstur dengan warna-warna alam yaitu coklat, krem, dan abu-abu. Furniturnya menggunakan material kayu sintetis warna coklat tua dan marmer putih.

Pada bagian belakang meja resepsionis terdapat elemen dekorasi berupa dinding partisi dengan permainan pola yang mengisi kekosongan dinding dan menjadi latar yang menarik pada sisi ini. Terdapat juga permainan cahaya warna kekuningan di bagian belakang partisi dan di bagian bawah meja resepsionis yang semakin membuat sisi ruangan ini menjadi lebih terdefinisi.

Detail elemen 'pohon' dan plafon ruangan

Beranjak ke bagian tengah ruangan, terdapat elemen dekoratif yang paling mendominasi dan menjadi point of interest dari lobi ini. Elemen ini sebenarnya merupakan semacam secondary skin yang membungkus kolom besar yang terletak di tengah-tengah ruangan. Bentuknya seperti pohon yang tumbuh semakin melebar hingga ke atas. Elemen ini terdiri dari batang-batang kecil dari kayu sintetis yang tersusun rapat dan melebar lalu menerus membentuk pola radial pada plafon. Di sekelilingnya terdapat sofa untuk tamu duduk dan menunggu.

ruang tunggu

ruang tunggu

Citra

Secara keseluruhan ruangan ini sesuai dengan konsep besar bangunan yang bernuansa alam. Desainnya berhasil menghasilkan citra yang asri dengan interior yang tidak memberikan stimulus yang berlebihan sehingga pengunjung tetap dapat menikmati pemandangan alam di luar tanpa terganggu oleh interior ruangan ini.

Teritori

Walaupun begitu elemen-elemen dekorasi pada ruangan ini cukup menarik sehingga dapat mendefinisikan ruang lobi ini dengan jelas. Sisi meja resepsionis dibuat stand out dengan permainan material dan warna sehingga menandakan bahwa sisi tersebut merupakan pusat dari ruangan ini. Permainan cahaya pada sisi ini juga membuatnya lebih berkesan hangat sehingga mengundang pengunjung untuk datang.

Kenyamanan

Selain itu terdapat elemen dekoratif seperti pohon yang begitu besar dan seperti menaungi ruangan tersebut sehingga memberikan kesan nyaman dan menarik pengunjung untuk duduk di bawah ‘pohon’ tersebut. Ruang yang semi-terbuka dan menghadap pemandangan alam membuat pengunjung dapat merasakan angin dan cahaya alami serta merasakan kedekatan dengan alam sehingga memberikan kesan yang asri dan lapang.

Desain ruangan ini berhasil menjadikannya lobi yang fungsional karena dapat mewadahi kebutuhan penerimaan tamu dengan baik juga representatif karena memberikan gambaran yang sesuai dengan konsep besar bangunan serta memberikan kesan yang positif bagi pengunjung.

Berita Terkait