Kuliah Tamu: Akmalia Zain

Kuliah tamu dari Akmalia Zain, ST, MT dilaksanakan pada Jumat, 12 Februari 2016. Beliau berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai senior architect pada konsultan desain internasional yang menangani proyek- proyek transportasi. Saat ini posisi beliau adalah sebagai tenaga ahli pada Department of Transportation, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Dalam kesempatan kuliah tamu ini, Ibu Akmalia memaparkan pengalaman beliau yang terlibat dalam proyek-proyek transportasi yang melibatkan berbagai pihak mulai dari desainer, arsitek, perencana, engineer, facility programmer, vendor, fabricator dan sebagainya, untuk beberapa proyek berskala besar seperti Dubai Metro, Jumeirah Metro dan sebagainya.

Peran dan posisi sebagai lulusan sekolah arsitektur membuat beliau harus beradaptasi dengan seluruh sistem dalam suatu proyek infrastuktur berskala besar mulai dari kebijakan dalam skala nasional bahkan regional, studi kelayakan, perencanaan proyek dan desain hingga manajemen aset.

Ranah yang merupakan potensi untuk para lulusan sekolah arsitektur berkiprah dalam proyek- proyek sejenis diantaranya: consultancy and technical services, project planning, design, project management, procurement and site supervision hingga asset management.

Hingga kini kebutuhan untuk sumber daya manusia di Timur Tengah masih tinggi khususnya pada bidang- bidang: engineering, project management, contract management, system and operational management.

Bahan presentasi dapat diunduh di sini.

Link video di sini

[huge_it_gallery id=”39″]

Berita Terkait