Studio Kolaborasi Mahasiswa Arsitektur ITB, University of Malaya dan Universitas Pancasila

Setelah melalui beberapa rapat koordinasi, akhirnya Prodi Arsitektur ITB, Department of Architecture, Faculty of the Built Environment University of Malaya dan Program Studi Arsitektur Universitas Pancasila, sepakat menyelenggarakan studio kolaborasi mulai 7 Februari sampai 7 Maret 2011.  Mahasiswa UM datang bersama staf pengajar Cik Kamarudzaman Bin Mat Rezab dan Cik Megat Ariff Shah Bin Megat Omar.  Mahasiswa dari UP ditemani oleh Prof. Ir.Yulianto Sumalyo, Nyoman Teguh Prasidha ST.MT dan Swambodo,M.A, ST.

Dua puluh (20) mahasiswa dari University of Malaya, dua belas (12) mahasiswa dari Universitas Pancasila bersama dengan seratus empat (104) mahasiswa Arsitektur ITB mengerjakan tugas merancang community center, di tiga lokasi yang berbeda di Bandung (Sarijadi, Sadang Serang dan Kanayakan). Mahasiswa dibagi ke dalam kelompok, masing-masing beranggota sekitar 10 mahasiswa ITB, 1 atau 2 mahasiswa UM dan 1 mahasiswa UP. Pada minggu pertama pengerjaan tugas, setiap kelompok wajib mengumpulkan informasi tentang tapak, konteks dan kebutuhan pengguna, sebelum memulai merancang secara skematik pada minggu ke-dua.

Selain kegiatan studio, mahasiswa dari UP dapat mengikuti kuliah AR2211 Metoda dan Pendekatan Perancangan; AR2221 Struktur, Konstruksi dan Bahan II, AR2222 Sains Bangunan dan AR2231 Arsitektur Modern. Mahasiswa UM mengikuti kuliah AR3211 Arsitektur Kota yang dilaksanakan dalam bahasa Inggris oleh Ahmad Rida Soemardi, Ir., M.Arch., MCP . Foto di atas, foto penjelasan tugas di studio pada hari ke-1, foto pin-up tugas Arsitektur Kota di hall Arsitektur yang diikuti mahasiswa dari UM pada hari ke-3, suasana di studio saat mahasiswa mengerjakan tugas pada hari ke-4 dan presentasi tugas di hall Arsitektur pada hari ke-5.

Berita Terkait