Kuliah Tamu- 19 Maret 2019: Hermawan Dasmanto

Pada Selasa, 19 Maret 2019, pendiri dan principal architect dari Studio ARA Bapak Hermawan Dasmanto memberikan kuliah tamu kepada para mahasiswa S1 khususnya peserta mata kuliah AR-4099 Studio Tugas Akhir dan mahasiswa S2 khususnya peserta mata kuliah AR-5290 Studio Desain II.

Kuliah tamu dengan judul “Refleksi Pasca Bangun sebagai Pijakan Sikap” ini menjelaskan tentang refleksi dari sejumlah proyek desain yang pernah dilakukan sepanjang kiprah Studio ARA di Surabaya mulai dari perancangan produk skala kecil seperti sebuah objek furnitur pada pekerjaan interior sampai skala makro arsitektur dan ruang terbuka kota.

Kuliah ini banyak mengangkat hal yang selama ini dianggap ‘tabu’ dibicarakan yaitu refleksi hambatan dan kegagalan yang pernah dialami pada karya dan bangunan yang sudah dibangun. Mengingat selama ini karya arsitektur lebih banyak dibahas dari sisi success story-nya sedangkan dalam proses yang terjadi bagaimana kegagalan atau kesalahan yang dialami cenderung tidak terpublikasikan atau cenderung ditutup-tutupi. Kembali mengunjungi proyek-proyek yang sudah pernah dibangun  untuk menilai bagaimana performa bangunan-bangunan tersebut dan bagaimana pengguna memakai bangunan tersebut merupakan salah satu proses refleksi  yang perlu secara kontinu dilakukan bagi arsitek dan biro arsitek agar menjadi sarana bagi arsitek untuk belajar dari kegagalan tersebut. Menurut Bapak Hermawan Dasmanto, kegagalan harus diterima sebagai sebuah proses dan perlu disampaikan karena akan menjadi sumber ilmu yang sangat berharga terutama bagi para calon arsitek dan arsitek lainnya agar tidak masuk dalam kesalahan yang sama sehingga dapat dihasilkan karya arsitektur yang selalu lebih baik ke depannya.

File presentasi dapat diunduh di sini.

Video presentasi dapat dilihat di sini (Bagian 1) dan di sini (Bagian 2).

 

Berita Terkait