Juara 1 Hultz Prize 2019

Selamat kepada Albert Gianta Margono (15214021) beserta tim ITB yakni Pasasa Fridericiana Marie – 19718248 – TPB SBM dan Immanuel Deo Juvente Hasian Silalahi – 18015025 – Teknik Tenaga Listrik yang berhasil mendapatkan Juara 1 dalam kompetisi Hultz Prize 2019 di Melbourne, Australia, mengalahkan lebih dari 10 negara dari Asia, Eropa, Afrika,Amerika dan Australia. Kompetisi Hultz Prize adalah kompetisi StartUp dari Perserikatan Bangsa Bangsa yang pertama kali diinisiasi oleh Presiden ke-42 Amerika Serikat,  AS Bill Clinton. Setelah juara 1, maka tim akan memperoleh peatihan bisnis selama 6 minggu di London dan akan bertanding kembali di tahap final di London, Inggris.

Tiap Tahun Hult Prize mengadakan kompetisi utk menciptakan startup yg dapat menyelesaikan permasalahan dunia dan di tahun 2019 ini, tantangan yang diberikan adalah: bagaimana menciptakan sebuah perusahaan yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi 10.000 generasi muda dalam 10 tahun.

Albert dan tim mengusulkan ide model bisnis dengan melakukan match-making antara turis lokal dan internasional dengan  desa yg potensial menjadi daerah wisata tapi kurang/ belum berkembang dan terekspos ke publik. Sebelum tim melakukan matching terlebih dahulu tim mempersiapkan desa tersebut dari segi sumber daya manusia dan fasilitasnya dengan melakukan pelatihan skillset dan self help development untuk memperoleh standard homestay minimum sesuai ASEAN homestay standard. Salah satu prototype tim sekarang adalah Desa Karangsalam Jawa Tengah.

Semangatnya adalah menarik para pemuda dan pemudi untuk kembali ke desa dan membangun desanya dan menjadikan desanya menjadi daerah wisata.

Selamat buat Albert yang baru saja wisuda sarjana April lalu, dan semoga menjadi semangat bagi yang lain.

Berita Terkait