Kuliah Lapangan Singapura, 19-22 April 2019

Kuliah Lapangan mata kuliah AR3250 Studio Struktur & Bentuk dilaksanakan pada tanggal 19-22 April 2019 di Singapura. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang mahasiswa sarjana tingkat III semester 6 Prodi Arsitektur SAPPK – ITB, dengan 3 orang pembimbing yaitu, Dr. Lily Tambunan, MT., Baskoro Tedjo, Ph.D., dan Permana, MT.

Materi pembelajaran di lapangan berupa pengamatan Gedung Bertingkat Tinggi dengan aspek Struktural, Arsitektural, Utilitas dan Materialitas. Selain itu mahasiswa juga belajar tentang struktur bangunan bentan lebar dan konsep yang melandasi desain bentuknya.

Mahasiswa juga mendapat pengalaman langsung mengeksplorasi karya arsitektur mutakhir, yaitu Gedung The Hive di lingkungan Kampus NTU dan mendapatkan pengalaman melihat langsung hasil desain bangunan yang memenuhi prinsip-prinsip arsitektur sustainable, liveable, dan wellness di kampus di NUS. Penjelasan di lapangan diberikan oleh Prof. Johannes Widodo, dosen di School of Design and Environment, National University of Singapore. Kuliah lapangan ini sangat membantu mahasiswa dalam menyusun kerangka berpikir tektonik maupun spasial sehingga kemampuan mendesain di studio menjadi lebih terstruktur dan kreatif. Juga kegiatan ini membantu tim dosen dalam menyusun program kegiatan di studio sehingga menjadi lebih tepat sasaran, strategis, menarik dan inspiratif.

Berita Terkait