Juara 1 Sayembara ACSENT 2019

Selamat kepada Kahfi Aziz Abdillah, NIM 15216032 yang berhasil menjadi juara 1 dalam sayembara ACSENT 2019 di Universitas Udayana, Bali. ACSENT 2019 merupakan sayembara desain koridor jalan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Udayana, Denpasar. Koridor jalan yang di desain merupakan pilihan dari masing-masing tim di berbagai kota nya masing-masing. Dapat meliputi daerah pariwisata, komersil, maupun kuliner. Peserta diperbolehkan untuk melakukan eksplorasi desain dan modifikasi fisik terhadap beberapa aspek perancangan kota.

Kompetisi ini diikuti oleh universitas se-Indonesia. Penjurian tahap I dilakukan pada tanggal 27 April 2019 dengan keluaran 10 besar karya terbaik dan 5 diantara nya diminta untuk mempresentasikan karya nya di kampus Udayana, Denpasar Bali. Penjurian tahap II dilakukan pada tanggal 18 mei dengan mempresentasikan karya dihadapan 3 juri. Yakni Achmad Tardiyana dari URBANE Indonesia, I Ketut Dirgantara dari DDAP Architect dan Pranajaya selaku IAI Bali. Sayembara ini dapat diikuti oleh perorangan maupun tim dengan maksimal anggota tim yakni tiga orang. Peserta lain yang lolos dalam 5 besar yakni Universitas Indonesia, Universitas Atma Jaya, UNIKA Semarang, dan UHO Sulawesi.

Kahfi mengusung konsep “Lets (Time) Traveling” yang diimplementasikan dengan diberlakukannya design principles guna menciptakan kawasan wisata yang ramah pejalan kaki, nyaman dan walkable dengan disediakannya area duduk dan spot istirahat. Pembagian zona dibagi atas zona penyambut, zona representatif kawasan lama, zona representatif gambaran masa depan dan isu green, serta zona pusat perbelanjaan dan destinasi utama wisata di Jl. Sukajadi. DIlengkapi pula dengan akses penyeberangan dan pentaan kawasan PKL yang baik.

Dengan Konsep “Traveling” menjadikan kawasan destinasi wisata dan area komersil, diharapkan pengunjung dapat dengan mudah, nyaman, dan aman berjalan kaki. Membuka akses menuju area permukiman sehingga meningkatkan daya tarik dan kemudahan bagi penduduk sekitar untuk menuju Jalan Sukajadi. Dengan disediakan satu lot di tiap sisi koridor menciptakan jalur permeable untuk pejalan kaki.

Animasi 3 Dimensi dapat disaksikan di tautan youtube melalui link berikut ini https://youtu.be/oKwY7VN3bIk

Selamat buat Kahfi atas prestasi yang membanggakan ini, semoga menjadi inspirasi bagi yang lain.

Berita Terkait