Habitechno 4 International Conference 16 November 2019

HABITechno adalah konferensi dua tahunan yang diadakan oleh Program Studi Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung. Acara keempat ini akan fokus pada solusi inovatif dalam konsep dan praktik teknologi kontemporer untuk pembangunan perumahan dan permukiman, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah di negara berkembang.

Diselenggarakan di Aula Timur ITB pada 16 November 2019, dengan pembicara dan peserta dari dalam dan luar negeri. Sebanyak 40 makalah dari dalam dan luar negeri, disajikan dalam 4 sesi paralel yakni: High Density Living, Building Performance, Environment Performance ,dan Affordable Housing Provision dengan total peserta sekitar 260 orang. Seminar yang diselenggarakan dalam satu hari ini menitikberatkan bahasan mengenai konsep TOD (Transit Oriented Development) yang khas pada negara Asia berkaitan dengan pola pergerakan dan aktivitas yang terjadi di sepanjang jalur sirkulasi yang mengoptimalkan fungsi kota.

TOD sebaiknya tidak dimaknai sebagai pengembangan CBD (Central Business District– Pusat Bisnis Utama) baru atau bahkan menjadi ajang bisnis untuk berjualan properti. Lebih lanjut, kontrol pemerintah dalam hal perijinan menjadi kunci utama keberhasilan rencana ini. Dan di sisi lain, optimalisasi pengembangan transport publik, investasi pengembang, serta usaha aktif mengembangkan aspek sosial dan ekonomi warga setempat perlu dibuatkan strategi sehingga kota tetap menjadi milik warga dan membuat penghuninya lebih nyaman dan sejahtera.

Processed with VSCO with al3 preset

Berita Terkait