Pameran Mata Kuliah Kolaborasi 6 Program Studi

Enam program studi dari lima fakultas yakni: Arsitektur (SAPPK), Teknik Sipil (FTSL), Teknik Mesin (FTMD), Teknik, Elektro (STEI), Teknik Lingkungan (FTSL) dan Desain Interior (FSRD) pada semester I 2019-2020 lalu mengadakan kolaborasi untuk mata kuliah pilihan dengan topik: Collaborative Inter-Disciplinary Design Project for Energy Efficient Building dengan tujuan untuk mengenalkan kerja kolaboratif pada proyek lingkungan binaan.

Sebanyak total 38 mahasiswa dari enam prodi tersebut bekerjasama di bawah bimbingan dosen dari masing-masing prodi dari September 2019 hingga Januari 2020 melakukan perancangan, perhitungan dan analisis atas sebuah kasus rancangan bangunan hasil Studio Tugas Akhir dari Arsitektur. Peserta mahasiswa dari masing-masing prodi mendapatkan SKS kuliah pilihan masing-masing yang berkisar dari 2-4 SKS. Sekitar dua kali dalam seminggu mahasiswa melakukan kerja kelompok, baik pada kelompok prodi masing-masing maupun workshop pleno yang dilakukan satu kelas untuk mendiskusikan isu-isu yang harus didiskusikan bersama-sama.

Obyektif dari proyek ini adalah mencapai tingkat efisiensi optimum dari rancangan gedung hemat energi berdasarkan indikator dari Green Building Council Indonesia.

Karya kolaborasi ini dipamerkan pada 14-17 Januari 2020 bertempat di galeri arsitektur ITB.

Berita Terkait