Buku Dokumentasi Kuliah Lapangan Facade 2019

Buku dokumentasi Façade 2019 adalah hasil karya dan hasil kerja keras sekitar 83 mahasiswa Arsitektur angkatan 2017 di bawah bimbingan empat dosen pembimbing yang pada akhir Juli dan awal bulan Agustus tahun 2019 lalu mengadakan kuliah lapangan selama kurang lebih satu minggu ke dua kota di Jawa Timur, yakni Surabaya dan Malang.

Seperti halnya dokumentasi Façade sebelum-sebelumnya, tujuan dari penerbitan dokumentasi ini adalah memupuk semangat kolaborasi dalam menghasilkan suatu karya bersama dalam rangkaian program ‘liburan sambil belajar’.

Pembelajaran dalam konteks kegiatan ekstrakurikuler ini menurut hemat kami sangatlah diperlukan untuk menambah pengalaman melihat, menyaksikan, merasakan hal-hal baru yang sudah pasti sulit dipenuhi pada program kurikuler reguler yang rigid dan sempit waktunya. Mahasiswa arsitektur perlu memperbanyak ‘jalan-jalan’ dan melihat ke luar untuk
mengasah indera dan rasa mereka.

Dalam singkatnya waktu ekskursi ke dua kota dan beberapa obyek tujuan, maka sifat dari dokumentasi ini adalah sebuah catatan perjalanan dengan narasi, sketsa, foto serta video yang menggambarkan rekaman-rekaman antusiasme mahasiswa dalam mengalami obyek-obyek kota dan arsitektur.

Publikasi buku dapat diakses di- Issuu dengan link berikut.

Berita Terkait