Mengenal Lebih Dekat Mahasiswa Arsitektur ITB Angkatan 2007: Wahyu Pratomo

Bagi saya, Arsitektur adalah disiplin utama dalam perkembangan sejarah hidup manusia. Lihat saja, tujuh keajaiban dunia, semuanya adalah karya arsitektur. Dengan arsitektur pula, sebuah peradaban mampu ditunjukkan kelangsungannya. Itulah alasan utama saya memilih Program Studi Arsitektur sebagai pilihan pertama saat ujian masuk ke ITB. Saya harap pun setelah lulus nanti, saya mampu lahir sebagai arsitek yang handal seperti arsitek-arsitek hebat lulusan Prodi ini.

Selama hampir empat tahun perkuliahan, saya dan teman-teman di Arsitekur perlahan dibimbing untuk mendesain bangunan kecil seperti saung, rumah tinggal, kantor, bangunan publik yang cukup luas, hingga gedung bertingkat tinggi. Saat ini saya hampir memasuki semester Tugas Akhir, dan judul Tugas Akhir yang saya angkat adalah “Museum dan Pusat Informasi Arkeologi Borobudur” di Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Studio perancangan dengan porsi 8 SKS adalah kegiatan akademik utama di Prodi Arsitektur. Melalui asistensi dengan dosen maupun studi literatur, kami dibimibing bagaimana mendesain dengan baik. Alhamdulillah saya mendapat penghargaan dari Rektorat Kampus ITB sebagai Mahasiswa terbaik Prodi Arsitektur tahun 2010 dengan IPK sebesar 3.82 (per Juni 2010). Hal ini juga mengantarkan saya untuk bergabung dalam collaborative studio ITB-FHE di Erfurt, Jerman dan mAAN*Y workshop di Singapore beberapa bulan yang lalu melalui seleksi dari Ketua Prodi dan beberapa dosen.

Pada dasarnya perkuliahan di Arsitektur mendidik saya untuk belajar merancang dengan baik. Tapi merancang itu tidak melulu harus bangunan, bukan? Itulah yang coba saya terapkan dalam pembuatan beberapa cover notebook pribadi teman-teman sesama mahasiswa. Hobby saya dalam bermain grafis dan editing foto ternyata cukup sejalan dengan prinsip-prinsip dasar merancang dalam arsitektur. Dimulai dari perlahan-lahan mengkomersilkannya, kini saya sudah bisa membantu orang tua untuk urusan uang jajan bulanan dari hasil penjualan notebook dengan cover sesuai permintaan itu. Koleksi desain selengkapnya dapat dilihat di blog www.wahyupratomo.tumblr.com

Ikatan Mahasiswa Arsitektur-Gunadharma juga banyak memberikan manfaat untuk peningkatan softskill saya. Menjabat sebagai anggota Badan Perwakilan Anggota 2009-2010 dan Staf BP pada tahun sebelumnya secara tidak langsung mendukung bagaimana pembentukan karakter dan cara berpikir saya. Ditambah lagi dengan beberapa kegiatan di kemahasiswaan ITB pusat seperti Keluarga Mahasiswa ITB dan kepanitiaan-kepanitiaan besar pun mampu menambah kolerasi dengan mahasiswa dari jurusan lain.

Hubungi saya di email address wahyu.pratomo(at)ymail.com.

Berita Terkait