Eat Republic; Hijau di Tengah Gersang

Awaliyah M – 15213075IMG_20160424_150650

Eat republic adalah sebuah pusat kuliner yang terletak di South City Blok A5 No. 8-10, Jalan Pondok Cabe Raya, Tangerang Selatan. South city sendiri saat ini masih berada dalam tahap pengembangan, sehingga area tempat Eat Republic berada masih sangat kosong. Diantara kekosongan lahan dan jalan-jalan raya yang lengang, sangat menyegarkan rasanya melihat sebuah bangunan dengan bentuk seperti saung dan penuh pepohonan ini.

Outdoor eating area

Outdoor eating area

Indoor eating area

Indoor eating area

Bangunan Eat Republic terdiri dari sebuah massa semi terbuka dengan penggunaan material dominan bambu dan baja. Bentuk keseluruhan bangunannya terlihat seperti sebuah saung besar yang terdiri dari sebuah massa utama di tengah dan sayap bangunan di kanan dan kirinya. Terdapat semacam aula besar beratap membran di bagian tengah bangunan yang berfungsi sebagai tempat diadakannya live music. Di kedua sayap bangunan tersebar aneka rupa booth makanan dan meja meja panjang dari kayu untuk tempat makan. Selain itu, terdapat taman-taman, saung lesehan dan outdoor eating area di bagian timur, utara, dan barat Eat Republic. Taman taman tersebut menyajikan pemandangan yang asri, baik untuk yang makan di dalam maupun luar bangunan.

suasana yang hijau dan asri

suasana yang hijau dan asri

Meskipun lingkungan sekitar bangunan masih kosong melompong, atmosfer di dalam Eat Republic sangat nyaman dan sejuk. Hal ini karena bentuk bangunannya yang memang didesain semi terbuka, sehingga sirkulasi udara di dalam bangunan sangat baik. Penanaman banyak pohon di sekitar bangunan juga menjadi salah satu faktor utama mengapa udara di dalam bangunan terasa sejuk.

Lalu, apa yang membuat tempat makan ini menarik?

Eat Republic menawarkan konsep pembayaran makanan yang terbilang unik dan cukup baru di Indonesia, yakni sistem pembayaran menggunakan kartu semacam kartu kredit. Pembeli diharuskan top-up kartu terlebih dahulu di kasir, kemudian baru berkeliling untuk melihat lihat makanan yang dijual. Menu makanan yang ditawarkan juga sangat bervariasi, dari jajanan pasar seperti kue cubit dan kue balok, makanan berat seperti konro bakar hingga makanan ala luar negeri seperti churros. Semua makanan dijajakan dalam booth-booth kecil yang tersebar di seantero Eat Republic. Tinggal datangi boothnya, pilih menunya, dan bayar dengan kartu.

booth berbentuk saung

booth berbentuk saung

booth berbentuk gerobak

booth berbentuk gerobak

Selain itu, Eat Republic mengangkat tema tradisional Indonesia, sehingga bentuk bentuk booth yang ada di sana didesain menyerupai saung. Selain itu, untuk booth yang menjajakan makanan ringan, bentuknya dibuat seperti gerobak dagangan tradisional. Sangat unik. Segala elemen interiornya juga didesain menyesuaikan dengan tema tersebut, sehingga suasana tradisional yang dibawa cukup terasa.

Sayangnya, saya mengunjungi Eat Republic pada siang hari di hari kerja, jadi suasana di sana tidak begitu ramai. Biasanya, Eat Republic akan dipenuhi pengunjung saat hari libur, terutama pada malam hari karena biasanya pada saat itulah live music diadakan. Namun, itu tidak mengurangi kesan-kesan yang saya terima saat berkunjung ke sana. Dengan suasana yang asri dan menu-menu menarik yang ditawarkan, saya tidak akan ragu untuk berkunjung ke sana lagi.

Bagaimana dengan Anda? Tertarik mencoba?

 

Berita Terkait