Enter your keyword

Design Charrette: Designing Street

Design Charrette: Designing Street

Design Charrette: Designing Street

Design Charette adalah salah satu mata acara dari Gaung Bandung 2022 yang diadakan oleh  Ikatan Mahasiswa Arsitektur Gunadharma ITB (IMA-G) dengan mengusung tema “Streetscape: Street for People” . Rangkaian acara design charette ini diawali dengan acara Bandung Talk #1 yang diadakan secara online pada 29 Oktober 2022 sebagai pembekalan materi awal untuk peserta dari kegiatan design charette maupun untuk peserta umum yang turut hadir. Acara diisi oleh 2 materi, yaitu “Walkability dan Perannya Menuju Liveable City” oleh Angga Ardzuna Sinaga, IAI dan “Streetscape for People” oleh Dr. Ir. Wicaksono Sarosa.

Pada Sabtu-Minggu, 5-6 November 2022, mata acara utama design charette diadakan di Gedung Labtek IXB Arsitektur ITB. Dengan mengangkat isu Re-Thinking: Jl. Ganesha as a Street For People, design charette adalah sarana bagi mahasiswa berbagai jurusan untuk melakukan kolaborasi desain bersama mentor, menjawab permasalahan serta tantangan yang ada di lingkungan masyarakat melalui desain jalur pedestrian Jl. Ganesha yang sesuai konteksnya. Acara diikuti oleh 6 kelompok yang terdiri dari mahasiswa ITB, mahasiswa kampus lainnya di Bandung dan luar Bandung, serta peserta umum. Setiap 2 kelompok akan dimentori oleh arsitek yang berpengalaman di bidangnya, yaitu Ir. Achmad Deni Tardiyana, MUDD; Aris Munandar, IAI; dan Angga Ardzuna Sinaga, IAI. 

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini, dibuka dengan kegiatan mini class yang diisi oleh Ir. Achmad Deni Tardiyana, MUDD dan Achmad Basuni, AMD, ST, lalu dilanjutkan dengan kegiatan site visit pada Jalan Ganesha yang merupakan lokasi perancangan, dan diakhiri dengan kegiatan diskusi dan workshop bersama kelompok dan mentor masing-masing. Pada hari kedua, peserta melanjutkan kegiatan diskusi dan workshop, lalu melakukan presentasi hasil perancangan sebagai puncak dari rangkaian kegiatan design charette untuk pemilihan best design. Rangkaian kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang best design yang diraih oleh kelompok 4.

 

en_USEnglish
Powered by TranslatePress »